Headlines News :
Home » » Cara Sehat Cuci Tangan Saat wudhu

Cara Sehat Cuci Tangan Saat wudhu

Written By Unknown on Senin, 22 April 2013 | 08.23.00

Cara Sehat Cuci Tangan Saat wudhu

Cara Sehat Cuci Tangan Saat wudhu - Islam sangat menjunjung tinggi kebersihan sehingga kebersihan di sejajarkan dengan iman sebagaimana kita ketahui dalam sebuah hadist bahwa " kebersihan adalah sebagian dari iman" sebegituh penting kebersihan seorang muslim sehingga islam sangat mementingkan kebersihan, yang tentunya kita tidak hanya bersih badanya saja tapi penting juga membersihkan jiwanya. Salah satu ritual dalam islam sebelum kita melaksanakan sholatpun kita di wajibkan untuk membesihkan dulu badan kita yaitu dengan melakukan whudu dan ini harus dilakukan bagi orang yang hendak mendirikan sholat.

Cara Sehat Cuci Tangan Saat wudhu -  Bagi seorang muslim sudah tidak asing lagi, sebab minimal dalam satu hari satu malam seorang muslim melaksanakan wudhu 5 kali, selain wudhu menjadikan syah tidaknya sholat seorang muslim tentunya wudhu juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kita, dan disini kami akan membahas tentang manfaat wudhu untuk kesehatan sesuai dengan anggota tubuh yang di lakukan ketika kita wudhu, salah satunya dengan mencuci telapak tangan, walaupun dalam wudhu mencuci telapak tangan adalah sunat, tapi banyak manfaat yang bisa kita peroleh untuk kesehatan kita. 

Cara Sehat Cuci Tangan Saat wudhu - Telapak tangan adalah anggota tubuh yang sangat banyak sekali aktivitasnya, yang tentunya selama aktivitas tangan bisa menjadi pusat kuman, mulai dari bersalaman, memegang uang, membuka pintu, membersihkan BAB dan tentunya semua itu sering sekali sebagai penyuplai kuman yang terbesar, sehingga dengan tidak sengaja berpindahlah kuman ke tangan kita. Cara yang terbaik untuk menghilangkan kuman yang ada di tangan kita yaitu tentunya dengan mencuci telapak tangan. Itulah kenapa dalam wudhu sangat di anjurkan untuk membersihkan tangan terlabih dahulu.

Mencuci telapak tangan ketika wudhu banyak sekali manfaat yang ketika peroleh, tidak hanya badan kita yang bersih dan sehat tapi juga dapat mencegah beberapa penyakit diantaranya :

  • Diare, para peniliti telah menmukan dan membuktikan bahwa mecuci tangan dapat mencegah dan menurunkan diere hingga separuhnya.
  • ISPA, Bukti-bukti telah ditemukan bahwa dengan mencuci tangan apalagi apabila di lakuakan setiap sebelum dan sesudah makan, buang air besar, buang air kecil dapat mengurangi tingkat infeksi hingga 25 %. para penelitian menemukan bahwa mencuci tangan dapat mengurangi infeksi saluran pernapasan yang berkaitan dengan pnemonia  (radang paru-paru) pada anak-anak balita hingga lebih dari 50 %.
  • Infeksi cacing, infeksi mata dan penyakit kulit. Penelitian membuktikan bahwa dalam mencuci tangan mengurangi kejadian penyakit kulit, infeksi mata seperti trakoma, dan cacingan khususnya untuk ascariasis dan trichuriasis.
  • Flu Singapura atau Hand Foot and Mouth Disease (HFMD), penyakit ditularkan melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi virus ini saat tidak mencuci tangan dengan benar
  • Hepatitis A,  penularan terjadi ketika seseorang yang terinfeksi virus ini tidak mencuci tangan dengan benar setelah menggunakan kamar mandi kemudian ia mengolah makanan yang dikonsumsi oleh orang lain.
  • Shigellosis, penyakit ini mudah menyebar dari satu orang ke orang lain dengan memakan makanan yang terkontaminasi oleh orang yang terinfeksi  yang tidak mencuci tangan dengan benar setelah dari kamar mandi.
  • Giardiasis, penyakit mudah menyebar melalui kontak tangan yang tidak dicuci dengan benar setelah buang air besar.


Subhanalloh...ternyata apa yang kita lakukan tidak hanya saja mendapatkan pahala kebaikan tapi tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan kita, maka bagi kita sebagai seorang muslim yang taat tentunya semua ini akan manambah keimanan kita sehingga dalam menjalankan semua perintah Alloh dapat di laksanakan dengan ikhlas dan penuh keyakinan bahwa Alloh menurunkan suatu perintah atau hukum demi kebaikan kita.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Asep Ropi Template | Asep Ropi Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. pondok pesantren qurrota a'yun samarang garut - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Asep Ropi Template